Senin, 12 Juli 2010

Membuat Menu dan Toolbar

Menu
Jika anda ingin aplikasi nada memiliki daftar perintah yang diperuntukkan kepada user, anda dapat menyusun daftar menu untuk aplikasi tersebut. Menu merupakan cara yang efisien dan konsisten untuk mengelompokkan perintah sehingga user mudah dalam mengaksesnya.
Khusus pada pemrograman aplikasi berbasis windows, umumnya sebuah program selalu dilengkapi dengan fasilitas Menu Bar dan Toolbar. Dalam pemrograman Visual BASIC, kita juga dapat membuat menu dan toolbar melalui fasilitas menu editor dan toolbox-toolbox yang telah disediakan Visual BASIC. Pada bahasan ini kita akan membahas tata cara pembuatan menu dan toolbar menggunakan Visual BASIC secarasingkat.
Pembuatan Menu.
Untuk membuat menu pada sebuah form, pertama kali kita harus membuat desain dari menu dan sub menu yang akan kita buat. Sebagai contoh kita akan membuat sebuah menu utama untuk mengakses program animasi yang telah kita buat.
Langkah pertama anda harus menambahkan sebuah form (Project - Add Form).
Kemudian Klik Menu Tools – Menu Editor untuk menampilkan jendela menu editor.
Pada jendela yang muncul desain menunya sehingga pada menu editor akan didapat tampilan lengkap sebagai berikut:



selanjutnya Klik OK. Sehingga pada tampilan form menu utama, akan tampil menu
seperti berikut :

Materi Lengkap mengenai cara mudah membuat menu dan toolbar dapat didownload di sini.
Aplikasi Animasi yang dibuat seperti animasi tulisan kedap kedip, animasi tulisan berpindah, animasi tulisan zigzag dan lain sebagainya, program lengkapnya dapat anda download di sini.

selamat mencoba!!!

(referensi: -Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com
-pemrograman Visual Basic 6.0 penerbit ANDI yogyakarta)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar